Lowongan Kerja Kah?

Boleh lah kita menggunakan angka: pengangguran di Indonesia diperkirakan akan naik sebesar 9 persen di tahun 2011 dari tahun lalu, sekitar 8.5 persen. Itu dikemukakan oleh Latif Adam seorang peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI.

Logika paling sederhana yang bisa kita gunakan dalam menjawab peningkatan angka pengangguran yang cukup signifikan ini adalah: kurangnya lapangan pekerjaan. Sepakat?? Karena jika lapangan pekerjaan tersedia cukup, maka tak mungkin dong ada pengangguran lagi. Kalaupun ada tentu itu terjadi karena pilihan pribadi masyarakat yang memang tidak menginginkan pekerjaan. Emang ada? Ya mungkin, lah.

Tapi bagi saya jawaban kurangnya lowongan kerja terbaru pun tak mesti jadi satu-satunya jawaban. Saya percaya pada kemungkinan lainnya, yaitu kurangnya akses masyarakat terhadap informasi lowongan kerja terbaru 2012. Atau jika boleh kita kolaborasikan kedua asumsi ini maka akan menjadi: rendahnya daya serap kerja ditambah dengan terbatasnya akses masyarakat terhadap informasi peluang pekerjaan maka hal ini semakin memiskinkan dan tak mustahil membunuh masyarakat kecil. Sepakat??

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar