Aparat Keparat?

ADA YANG PERNAH MENELITI TENTANG KATA YANG EMPAT HURUF TERAKHIRNYA BERBUNYI "ARAT"?

Dua hari kemarin, setelah gondok melihat kenyataan Alexa rank Insanitis 37 yang tak kunjung langsing, iseng-iseng saya buka hard disk lama saya. Di drive E, dalam folder "Musik Campuran" sekilas terlihat sebuah file berekstensi .MP3 dengan title "Aparat Keparat". Tanpa pikir panjang saya langsung mendouble klik file tersebut dan seketika mengalunlah sebuah lagu bergenre Punk Rock milik salah satu band Punk ternama di Bandung: Keparat.

Saya tertarik dengan judul lagu itu karena memiliki rima yang enak didengar-arat-sehingga mudah diingat dan meninggalkan sebuah kesan yang kuat. Sambil mendengarkan lagu, saya pun tergerak untuk mulai berpikir dan mengingat kata-kata yang akhirannya berbunyi "arat". Dan saya berhasil mengumpulkan beberapa kata: barat, darat, syarat, melarat, sekarat, mudharat; selain kata dari judul lagu punk itu: aparat dan keparat.

Saya tercekat mendapatkan makna dari kata-kata itu yang sebagian besar negatif. Bahkan, bagi saya syarat pun bisa digolongkan ke dalam makna "kurang baik", karena kata itu menunjuk pada suatu keadaan "memberatkan". 

Jika benar asumsi ini--saya mulai berpikir liar--jangan jangan pemilihan kata untuk menamai satuan petugas institusi otoritas resmi (aparat) adalah bentuk sindiran atau ejekan masyarakat terhadap para petugas pemerintah. Mereka, saat terjepit dalam posisi antara ketidaksetujuan dan keseganan, mengambil inisiatif untuk melakukan perlawanan diam-diam dengan cara mengolok-olok petugas resmi. Maka, disepakatilah kata "aparat" yang memiliki bunyi sangat dekat dengan keparat, melarat, mudharat, dan syarat. Bukankah aparat di mana saja selalu berlaga sok banyak syarat? 
Bukan begitu?

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 7 Tanggapan... read them below or add one }

ghostwriterinfo mengatakan...

Bukan bermaksud tidak setuju dengan pernyataan-pernyataan Anda. Namun ketika Anda mengartikannya sebelah pihak tanpa berpikir panjang.. itu yang berbeda.
Sebuah kata akan lain pemaknaannya ketika disatukan dengan kata yang lain.
Ini yang disebut bahwa kata akan semakin bermakna atau berbeda makna ketika digabungkan dengan kata yang lain.

Makanya.. berkelompok lebih baik daripada sendiri. Contohnya.. berkelahi dengan cara keroyokan akan lebih mudah mengalahkan lawan daripada sendirian.. hahahhahaa....

okey.. keep posting bro Insanitis37... I hope we can be a good brother...

joe mengatakan...

sobat, untuk memasang link di blog saya mudah sekali kalau sering koment di blog saya, maka secara otomatis link nya sobat akan terpasang di sana kok :-)

Renaldy mengatakan...

Mungkin menurut saya cukup melenceng, tapi cukup menggugah pemikiran. :)

eNeS mengatakan...

Bisa wae... Aya hiji deui lur, morat (modol di darat) hahahaha....

Fiction's World mengatakan...

wah bisa berarti ganda begitu ya

Sabjan Badio mengatakan...

selidik punya selidik, ternyata di antara arti keparat adalah kafir alias tidak bertuhan. :-D

Toko Achong - Hua mengatakan...

BEST SELLER PRODUK
TOKO ACHONG - HUA


- alat bantu sex pria

- alat bantu sex wanita

- cream pembesar payu dara

- kapsul pembesar payu dara

- kapsul peninggi badan

- kecantikan

- kesehatan

- kondom silikon

- minyak pembesar penis

- obat kuat pria

- obat pelangsing

- obat pembesar penis

- obat penggemuk badan

- obat penumbuh rambut

- obat penyubur sperma

- obat perangsang

- penghilang tatto permanen

- vakum pembesar penis

- vakum pembesar payu dara

- SELAMAT BERBELANJA -

Posting Komentar