Dari Panggung Ke Jalan


Salah seorang anggota Enjoy Music Community tampak tengah mengecat pagar tembok. Untung itu antingnya masih dipake, kaloo gak paasti deh disangka petugas Badan Lingkungan Hidup :)
INI BARU AKSI. BUKAN SEKADAR UNJUK GIGI
Aneh rasanya melihat para penggiat band indie itu berduyun ke Alun-Alun Sumedang tanpa menenteng alat musik. Lebih aneh lagi ketika melihat jelas model peralatan apa yang dibawa oleh sekumpulan anak muda sekitar 20-30 tahunan itu. Sapu lidi, cat, kuas, bahkan golok! Andai saja mereka tak berdandan khas anak muda yang melek fesyen, tentu mereka akan disangka petugas Badan Lingkungan Hidup junior. :)

Terlihat sekali ya niat mereka :)
Ternyata mereka tak main-main dengan semua alat yang dibawanya. Sebagian naik ke atas benteng tembok, sebagian lagi bersigap menurunkan bendera-bendera partai politik yang dipasang serampang, membersihkan karat-karat yang menempel di pagar besi, mengecat. Tapi juga ada sebagian lain yang hanya duduk-duduk dan merokok. Untuk mereka yang terakhir disebut saya baik sangka: Oh itu rupanya divisi komando. Sebagai catatan saja, saya menulis mereka dengan awalan kata "tapi" tidaklah untuk bermaksud sinis. Ini hanya sebagai penanda perbedaan kategori tugas saja; mereka yang awal itu menanggung tugas teknis, atau fungsional dan yang terakhir lebih kepada manajerial atau struktural. Bukankah peran manajer dalam kerja organisasi itu begitu penting? Makanya, jangan cepat suudzon pada orang :))

Banner Enjoy Musci Community. Komunitas band menggelar aksi peduli lingkungan ini
Anak muda yang berserikat dalam Enjoy Music Community itu tengah melakukan aksi peduli lingkungan. Mereka membersihkan lingkungan sekitar Alun-Alun Sumedang, dan mengecat sebagian tembok dan pagar Alun-Alun yang memang terlihat sudah agak kusam. Setahu saya, di kota saya inilah yang pertama kalinya: anak muda yang kerap dihakimi urakan oleh sebagaian orang tua rela menyela pekerjaan petugas kebersihan yang tentu saja bukan pekerjaan yang ber-prestise. Setidaknya di mata anak-anak muda itu. Mereka yang biasa unjuk gigi di atas panggung, kini beraksi di jalanan. Sebuah selingan penyeimbang yang menyehatkan bagi saya.

Dan poin inilah yang menurut saya penting. Dalam hal membersihkan dan mempercantik lingkungan tentu pekerjaan mereka, yang bahkan tak biasa pegang sapu, sangat tidak OK bila dibanding dengan hasil pekerjaan petugas kebersihan yang telah terbiasa dan akhirnya piawai. Namun selingan pengalaman dan orientasi ini, tentu sangat bermakna bagi perkembangan pribadi mereka.

Setelah terbiasa show up dan memburu decak khalayak. Setelah terbiasa berupaya untuk  selalu membentuk kesan "popular" dan up to date,  mengalami kegiatan yang ecek-ecek dan gak nge-pop tentu akan menimbulkan pengalaman rasa tersendiri bagi mereka. Pengalaman yang mungkin saja bisa menumbuhkan kesadaran baru dalam dirinya: bahwa menjadi popular tak mesti dibarengi dengan angkuh apalagi merasa dewa. Karena saya pernah mengalami menjadi yang tak dilirik.

Ya, mereka yang terbiasa "manggung" dan dihujani tatap banyak orang kini telah mengalami menjadi si yang di bawah, si yang tak dilirik. Dan semoga itu menjadi berharga bagi diri mereka.      
Numpang mejeng :p Gak apa-apa ya sobat, itung-itung bonus track, heheheh.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 5 Tanggapan... read them below or add one }

aciid !!!!!! mengatakan...

talk less do more :D

Kian Coy mengatakan...

sikap yg patut dicontoh, dan contoh yang patut dipuji...!!!! ya paling nggak kita masih bisa melihat anak muda yang peduli akan lingkungan dan akar budaya mereka..!!!

Mudah-mudahan ini bisa mengetuk hati para pemuda Indonesia untuk bergerak bersama membangun Indonesia yang bersih, solid, dan bersahaja dimata dunia..!!

Thank's da comment n berkunjung di blog ane bozz.. http://kianhome.blogspot.com/2010/12/mengenal-perbedaan-margin-dan-padding.html

stroberi mengatakan...

wah, mejeng ni yee..tapi kegiatan spt ini bagus sih. jadi memanfaatkan wkt luang.

berpikir positif mengatakan...

ini baru mantap jangan cuma tahunya koar-koar saja tanpa bukti, bukan menghujat demo tapi ya dibarengilah dengan tindakan nyata

achong hua mengatakan...

KLIK

- JUAL BERBAGAI PRODUK : "Obat Pembesar mr.P, "Alat Terapy Pemanjang mr.P, "Obat Vitalitas Sex Kuat dan Tahan Lama, "Obat Herbal Cosmetik Kecantikan, "Aneka Obat Peningkat Libido Sexsual Wanita, "Alat Bantu SexToys P/W

Posting Komentar