Tak Ada Lagi Curhat?

Rasanya saya sudah lama sekali tidak menulis posting curhat di blog ini. Tulisan kompetisi, tulisan "pesanan"(berbayar atau bahkan yang sama sekali suka rela), sosialisasi akan sesuatu hal, sampai tanggapan pribadi akan isu publik tertentu, menjadi benar-benar menyita energi dan tentu saja waktu. Ketika giliran ingin benar-benar "curhat", energi telah kadung terkuras  habis dan waktu terasa bagai gang buntu di seberang jalan rumah saya yang lebih sreg bila dikatakan "menyisipi" daripada "meleweti": sempit, pendek, dan--ya itu tadi--mentok alias buntu. Curhat online pun akhirnya hanya menjadi angan belaka.
Akibatnya blog ini pun menjadi agak sedikit asing bagi saya sendiri; pemiliknya. Bagaimana saya menjelaskan pada diri saya sendiri tatkala membaca posting tentang mainan anak dan semacamnya yang benar-benar tak relevan dan jauh dari keseharian saya? Juga posting-posting kompetisi yang bertaburan begitu banyak key word yang bukan hanya tak relevan dengan judul tulisan, bahkan dengan sub tema pun--kalau itu ada--tidak sama sekali. 
Di blog ini hampir tak lagi ditemukan sisi pribadi saya sebagai pemilik dan pengisi kontennya. Kini hampir tak ada lagi "reportase harian", curahan hati,  dan tulisan-tulisan  lain yang jika orang lain membacanya maka ia akan memiliki sedikit gambaran mengenai saya sebagai pemiliknya. Maka blog yang masih diasumsikan umum sebagai representasi pribadi, kini patut kembali dipertanyakan.
Namun rupanya saya pun bukanlah satu-satunya: blogger yang tak terwakili sisi pribadinya dengan blog piaraannya. Banyak sekali, kini, sesama blogger yang sudah tak menyikapi lagi blognya secara konvensional: virtual diary. Sekarang mereka terlihat lebih nyaman menggunakan sarana blog sebagai media komersial. Problogger lah istilahnya. Mereka tak lagi menulis tentang sisi pribadi mereka, tapi lebih memilih untuk mensajikan menu tulisan atau konten yang memiliki peluang lebih besar untuk dilirik para peselancar di dunia maya. Atau pesanan pihak lain.
Memang bagi blogger yang berniat untuk memonotize blognya sangat sulit sekali untuk tidak terjebak dalam dikte pihak lain. Entah itu blog selling (baik itu produk nyata, virtual, bahkan tautan), review, afiliasi, dan semacamnya, tuntutan akan konten tertentu--di luar keinginnan pribadi pemiliknya--menjadi suatu hal yang niscaya.   

Saya mengemukakan ini bukan berarti saya sinis apalagi tak setuju dengan pemanfaatan blog semacam ini (jika saya sinis itu berarti saya pun sinis kepada diri sendiri, dong). Ya memang saya agak menyesali diri saya sendiri. Tapi melampaui itu, saya pun mengapresiasi secara positif pergeseran fungsi blog ini. Jika semula blog tak menghasilkan nilai komersil, maka kini blog telah bisa produktif secara materi. Dan ini tentu saja semakin membuka peluang usaha di tengah kurus keringnya peluang dalam dunia nyata.

Dan satu lagi, mungkin karena sekarang situs jejaring sosial telah begitu variatif dan memanjakan sekali para usernya, maka para blogger pun memiliki semacan "saku dua": karena kini blog tak bisa lagi menjadi ajang curhat (karena berfokus pada pesanan dan sebaginnya), maka kini curhat cukup di situs jejaring sosial saja. Selain lebih simpel dalam updatenya, kemungkinan "narsis" pun akan semakin tinggi. Bukankah begitu gampang mendapat komentar atau feed back di situs jejaring sosial daripada blog?

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 6 Tanggapan... read them below or add one }

-Gek- mengatakan...

aku masih ajang curhat kok... :)
Ga papa, curhat aja lagi. Ntar aku komenin insan.. hehehhee..
Masih puasa kan?
Semangat!!

dongkrak antik mengatakan...

salam kenal dr dongkrak antik

7 taman langit mengatakan...

apapun tujuan nge-blog yang penting eksis
iya khan ? he..he..

Jiox mengatakan...

ya begitulah dinamika hurip.. hurup yg dikasroh.. kalau dari awalnya, ane ngeblog buat nyari receh, lama-lama posting asal bunyi :D, karena kalo curhat ane malah seringnya sama rumput, pohon dan hewan ternak milik saudara.. he he ~mirip or.gil~ (:mungkin, orang yg belum pernah gila berarti masih gila), hiyaa makin ngelantur ~kabuur~

sewa mobil di surabaya mengatakan...

salam kenal sob

achong hua mengatakan...

KLIK

- JUAL BERBAGAI PRODUK : "Obat Pembesar mr.P, "Alat Terapy Pemanjang mr.P, "Obat Vitalitas Sex Kuat dan Tahan Lama, "Obat Herbal Cosmetik Kecantikan, "Aneka Obat Peningkat Libido Sexsual Wanita, "Alat Bantu SexToys P/W

Posting Komentar