Alhamdulillah: Sebuah Epilog Dalam Djarum Black Blog Competition Vol II

Betapa waktu berjalan terlalu cepat, bahkan tanpa kita sadari. Kita pun senantiasa dipunggungi waktu dan tak pernah sebaliknya. Sebetulnya “kejar-kejaran” ini tidaklah seimbang; waktu berlari dengan begitu kencang, sementara—di belakangnya—kita berjalan tertatih, terseok-seok, bahkan hanya kuasa beringsut. Jadi, bukan kita yang dikejar waktu tetapi kitalah yang mengejar waktu.


Tanggal 25 November 2009 terasa baru kemarin sore; pengisian form registrasi di Djarum Black Blog Competition Vol II, persetujuan dari pihak panitia, sampai akhirnya kegirangan hati saya karena blog yang baru seumur jagung ini disetujui pihak panitia, bagai sebuah bayang-bayang dalam mimpi. Dan ketika saya terbangun, saya dihadapkan pada tanggal 28 Februari 2010, yakni tanggal terakhir pendaftaran artikel yang diikutsertakan dalam kontes blog yang diselenggarakan Djarum Black ini.

Dalam bentang waktu sekira tiga bulanan ini banyak sekali hal yang saya lakukan terkait kepentingan kontes ini; tentu saja memposting tulisan sesuai dengan aturan dari pihak penyelenggara, blog walking ke beberapa sahabat blogger yang juga mengikuti kontes, “nyuri” ilmu dari para pemenang di kontes Vol 1, sampai otak-atik template dan aksesoris blog. Jujur saya akui, semua aktivitas itu tak selamanya berjalan mudah-mudah saja, dan tak selalu mengasyikkan. Masih teringat ketika sulitnya membuat tulisan dengan tema bebas tapi tiba-tiba harus berisi sebuah kata kunci, seperti Black Car Community,Blackinnovationawards, dan lainnya. Atau bagaimana tersiksanya ketika saya—yang hanya seorang  newbie-- melakukan modifikasi template dengan menggunakan bahasa HTML dan Java Script yang bagi saya terlihat aneh. Tapi melampaui itu semua, saya berani menyatakan bahwa dalam kurun waktu tersebut, saya telah mengalami berbagai pengalaman indah dan tentu saja membawa manfaat yang banyak.


Kalau diurai secara mendetail mengenai keindahan dan manfaat itu tentulah akan sangat panjang. Tapi ada beberapa hal yang begitu bermanfaat dan semoga dapat menjadi sikap hidup saya selamanya. Pertama: karena tuntutan pihak penyelenggara untuk memposting dua puluh lebihan tulisan—dengan suatu kata kunci di dalamnya—memaksa saya untuk lebih rajin mencari dan membaca referensi guna gagasan tulisan dan tambahan wawasan kepenulisan saya, baik teknis maupun non teknis. Kalau dulu saya tidak disiplin dalam membaca, tapi sekarang—setelah mengikuti kontes blog ini—membaca telah menjadi rutinitas wajib sehari-hari.


Selanjutnya, kontes blog ini secara tak langsung melatih saya dalam menulis. Bukan hanya dari sisi teknis tapi juga dalam intensitas. Bila dulu—sebelum mengikuti kontes—lebih sering malasnya ketimbang rajinnya, tapi sekarang sudah mulai berubah sebaliknya, walau belum secara signifikan. Saya berharap semoga kebiasaan menulis ini tidak lekang setelah kontes blog ini usai. Dan dengan mengikuti kontes ini membuat jaringan perteman saya dalam dunia blogphere semakin bertambah luas, dan hal ini berkorealasi dengan tingkat kunjungan ke blog saya ini. Intinya, segala ketakmudahan dan hambatan-hambatan itu tidaklah berarti apa-apa bila dibandingkan dengan manfaat atau hikmah yang ada. Beruntung sekali saya mengikuti Djarum Black Blog Competition Vol II ini.


Dan akan lebih beruntung lagi bila pihak panitia dan juri memilih blog saya ini menjadi blog juara (ngarep, hehe). Tak mau munafik, hadiah-hadiah yang menggiurkan itu juga menjadi faktor besar dalam memicu motivasi saya untuk serius menjalani kontes ini. Tapi kalau ternyata kenyataan tak sesuai dengan ekspektasi saya, itu tidaklah terlalu membuat saya sedih atau kecewa. Toh saya telah menjalankan tugas dalam wilayah saya sebagi manusia yang hanya ada pada proses. Sedangkan hasil akhir biar Kehendak Tuhan yang memutuskan. Bila sekarang tidak juara, siapa tahu nanti ada lagi kesempatan dalam volume III.


Dan inilah daftar post saya yang diikutkan dalam kontes Djarum Black Blog Competition Vol II (Saya tidak mengurutkannya berdasar tanggal terbit, tetapi lebih kepada tulisan yang saya favoritkan--narisis dikit gak apa kan? Hehe. Dan juga berdasar korelasi antar tulisan—bila ada) :
  1. Bismillah dan Penilaian: Sebuah Prolog Dalam Djarum Black Blog Competition Vol II
  2. Pahlawan 
  3. Kecelakaan 
  4. Markus 
  5. Rasa 
  6. Writing 
  7. Memberi? 
  8. Nama 
  9. Pasar Blogsphere
  10. Tahun Baru Tanpa "Baru" (Sebuah Catatan Kritis Tahun Baru) 
  11. Elegi Putri 
  12. Makna Kebebasan Dalam Islam 
  13. Di Suatu Pagi 
  14. Pelesir Spiritual
  15. Selalu Ada Ruang Toleransi (Bila Kita Mau)
  16. Pemuda 
  17. Karnaval Hantu 
  18. Maaf. Ini Gelang Bukan Arloji! 
  19. Wedal 
  20. Maaf. Saya Kerja!
  21. Selepas Tes CPNS
  22. Alhamdulillah: Sebuah Epilog Djarum Black Blog Competition Vol II
Terakhir, saya berharap dukungan dari semuanya; terutama para sahabat blogger yang selama ini setia berkunjug ke blog sederhana ini. Doanya akan sangat saya dambakan. Dan bila ada di antara sahabat yang bersedia mem-vote blog saya ini, sahabat semua bisa mengunjungi alamat ini: http://www.autoblackthrough.com/blogcompetition/index.php?page=vote&sort=i atas nama Insan Setia Nugraha, dengan URL: http://insantis37.com. Sahabat tinggal klik button "Vote". Sebelum dan sesudahnya, saya haturkan terima kasih sedalam-dalamnya. Jazakillah.
Damai di hati. Damai di bumi. Salam.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 26 Tanggapan... read them below or add one }

Local Download mengatakan...

Sukses dan semoga menang yah sob^^

salam blogger :D

pertamax^^

Rizky2009 mengatakan...

lama g ber kujung kesini apa kabar sob? gimana kontesnya sukses yah

Jika Mr. Bean Jadi Presiden Indonesia

Clara mengatakan...

semoga menang di kompettisi ini ya
semangat ^^

munir ardi mengatakan...

lama juga ya sobat nggak berkunjung kesini, eh iya saya vote ya

Newsoul mengatakan...

Siiip, semoga sukses dalam komtes ini. Nanti saya kesana ya.

ieyaz mengatakan...

good luck yach buat kompetisinya.. :D

annie mengatakan...

Alhamdulillah kembali hadir, Kang.
Banyak sekali artikel yang dikirimkan. Memang harus banyak ya? Semoga berhasil ya, Kang.
Sekarang saya meluncur kesana.

annie mengatakan...

Saya sudah vote. Semoga sukses dan manfaat.

afdil mengatakan...

Sebuah pertempuran memang kadang-kadang membutuhkan pihak yang menang dan sebagian lagi kalah.

Jika menang semoga menjadi inspirasi bagi semua dan jika kalah semoga menjadi pelajaran.

salam kenal

Fanda mengatakan...

Akhirnya kerja kerasnya usai sudah ya. Aku baru saja vote. Semoga sukses ya!

@cicin mengatakan...

Semoga sukses ya... SEMANGAT!

minomino mengatakan...

gudlak :)

samuel adinugraha mengatakan...

SUKSES BRO! :)

Seiri Hanako mengatakan...

berkunjung
dan mendoakan semoga sukses...

ninneta mengatakan...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

7 taman langit mengatakan...

maaf baru berkunjung lagi

lee mengatakan...

Semoga sukses sobat maaf ya kalau aku baru berrnjung ke tempatnya sobat

Jeanot mengatakan...

Selamat yah kawan menjadi salah satu pemenang DBBC. tetap semangat

-Gek- mengatakan...

Hebat banget nih Bung Insan! Selamat ya! dan, happy blogging and keep writing!
Cheers!

agoez mengatakan...

Selamat Berjuang Sob :)

rumah blogger mengatakan...

selamat berjuang....kita dukung sob..

sabirinnet mengatakan...

sukses ya mas, semoga menang

Team Ronggolawe mengatakan...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

Jiox mengatakan...

langsung vote! kumaha akang, damang? he he... kabuurrr

alkatro mengatakan...

dah pengumuman ane baru voting, he he
selamat dapat juara 7 akang :)

feekyu mengatakan...

hai, nice post

Posting Komentar