Perkembangan Anak: Maianan Anak Sebagai Alternatif Penting

Saya selalu kagum dengan beberapa sobat blogger yang sangat concern dengan urgensi keluarga dalam kehidupan sosial sekaligus pribadi. Mereka menulis dengan tema penguatan keluarga, dan tentu saja, salah satu anggota yang paling penting: anak.

Mereka membincangkan semua hal yang menyangkut keluarga; mulai dari peran orang tua, kesehatan rumah dan keluarga, manajemen keuangan keluarga, dan lainnya. Namun yang paling sering mereka kemukakan seraya memberikan penekanan khusus adalah  mengenai perkembangan anak. Dan saya pun sepenuhnya sepakat!

Memang, pemuda adalah harapan bangsa—tentu saja pemuda yang memiliki kapasitas dan kompetensi. Namun pemuda hanyalah proses lanjutan. Ia semacam tahapan lanjut setelah tahap awal dilalui dan berhasil baik. Anaklah yang menjadi tahap awal tersebut. Baik tidaknya seseorang, sangat ditentukan pertumbuhan semasa kecilnya.

Banyak hal yang dapat orang tua lakukan demi terjadinya pertumbuhan anak yang baik dan berkualitas. Dari banyak daftar itu, satu yang sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan oleh orang tua manapun: bermain.

Kak Seto, seorang pakar anak selalu menyampaikan tentang urgensi bermain bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Yang tentu saja itu akan sangat menentukan bagi kehidupannya kelak, ketika ia dewasa. Teranglah, bahwa bahwa anak dapat cerdas dengan bermain.

Berbicara mengenai bermain, tentu selalu mengingatkan kita kepada mainan anak, walaupun itu tidaklah mutlak. Di sinilah dituntut kreatifitas dan wawasan para orang tua dalam membimbing dan memfasilitasi anak-anaknya dalam bermain.

Bermain dengan melibatkan fasilitas mainan anak, tentu dapat meningkatkan minat anak sekaligus bisa mengatasi, atau setidaknya meminimalisir, kejenuhan yang kemungkinan besar dirasakan oleh anak. Maka dari itu, pemilihan alat bermain merupakan sesuatu hal yang tidak boleh kita sepelekan.

Dalam konteks bermain demi mendukung perkembangan anak, atau yang dikenal dengan istilah "cerdas dengan bermain", tentu tak semua alat atau jenis mainan anak, dapat dipergunakan. Untuk kepentingan ini, hanyalah mainan edukatif, yang bisa dilibatkan. Tentu saja mainan edukatif, ini memiliki banyak ragam dan macam. Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas jenis-jenis mainan edukatif, tersebut karena pembahasannya akan sangat panjang dan mungkin tak akan ada habisnya mengingat varian mainan edukatif, saat ini begitu banyak. Saya hanya akan sedikit berbagi mengenai beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan dalam memilih jenis mainan edukatif,

Yang perlu orang tua perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • mainan edukatif, tersebut harus bisa dimainkan anak. Artinya, para orang tua harus memastikan bahwa mainan tersebut sesuai dengan usianya.
  • Orang tua harus jeli meneyesuaikan mainan dengan minat anak. Di sinilah peran orang tua sebagai penilai akan minat dan ketertarikan khas anaknya.
  • Usahakan mainan tersebut dapat memberikan kepuasan emosional kepada anak.
  • Sesuaikan juga harga mainan dengan keuangan atau budget Anda sebagai orang tua.
  • Dan yang terpenting, perhatikan sisi keamanan dari mainan tersebut. Jangan sampai mempunyai potensi yang dapat mencelakakan anak Anda.

Terakhir, senantiasa perhatikan kemampuan komuniasi anak Anda. Tingkatkanlah kemampuan komunikasi anakl Anda, teruslah berkomunikasi dengan anak. Jangan sampai fungsi dan peran orang tua tergantikan oleh mainan anak. 

Penulis: Insan, Lokasi: Sumedang 

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 38 Tanggapan... read them below or add one }

Local Download mengatakan...

amankan pertamaxx dulu^^

Local Download mengatakan...

thanks for sharing sob^^
tips bagus nih bagi orang tua yang ingin main mainan tapi tidak hilang sifat eduksainya, mantap sob :)

salam blogger:D

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

mantabh banget sob artikelnya..
tidak bisa dipungkiri bahwa dunia anak adalah dunia bermain.. disanalah orang tua hrs pintar menyisipkan pendidikan lewat mainan..
makasih dah membaginya disini sob.. :)

Vicky Laurentina mengatakan...

Mainan anak kesukaan saya adalah monopoli. Tapi saya jarang main monopoli sama orang tua saya. Soalnya, tiap kali main, orang tua saya kalah melulu..

Newsoul mengatakan...

Tulisan mantap. Ya, mainan anak juga perlu dipikirkan dengan baik.

Fanda mengatakan...

Selain mainan edukatif, mungkin juga buku dan tontonan anak2 yg edukatif, ya? Ngomong2 ttg buku, aku ada tag kamu di blogku. Intip ya...

minomino mengatakan...

wow...kaka saya guru TK tuh, mampir aja http://www.fireflies-hotaru.blogspot.com/

dia juga lagi ngumpul2in tuh maenan edukatif...
yaaaa,setuju!mainan itu harus dipikirkan baik-buruknya...

nuansa pena mengatakan...

Sip Bang artikelnya! sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai orang tua!

Seiri Hanako mengatakan...

anak-anak itu generasi yang menentukan masa depan....
kalo salah mainan.. apa jadinya nanti..

Vanestorrz mengatakan...

Mantap Mas,.......

ninneta mengatakan...

Salam sobat, datang mempererat silaturahmi... maaf baru mampir lagi... kesehatan memburuk baru membaik... Semoga selalu dalam kebahagiaan...

Ninneta

setiakasih mengatakan...

Terima kasih atas infonya!

Kang Sugeng mengatakan...

Yup... mainan memang Punya andil besar dalam tumbuh kembang anak.

gambutku mengatakan...

blogwalking. please visit back.
shoutmix is change.:D

SeNjA mengatakan...

tentu saja salah satu pendukung bagi tumbuh kembang seorang anak juga mainan loh ^^

dengan mainan,seorang anak bisa sambil belajar

apa kabar mas ? smg slalu sehat y

7 taman langit mengatakan...

salam sejahtera
pendidikan tentang mainan anak
yang saya belum tahu sebelumnya
sehingga saya mendapatkan ilmu baru
benar dan saya setuju bahwa mainan anak harus bersifat edukatif

NURA mengatakan...

salam sobat
trims info dan sharingnya,
mainan anak perlu untuk perkembangan motorik anak.
tetapi komunikasi orang tua berperan penting ya,,

rumah blogger mengatakan...

jaman sekarang, orang tua aja banyak yg diam-diam punya mainan, hehehee

sabirinnet mengatakan...

disamping itu, orang tua harus mengawasi maianan anak2nya, apakah membahayakan bagi kejiwaannya atau tidak, thanx share nya mas..

MankPoeds mengatakan...

Sy bersyukur bru 7 hari sy punya title orang tua, anak sy telah lahir kemaren. setelah membaca artikel sobat ini sy ingin sekali menjadi seperti Kak seno

widi mengatakan...

betul.. nih mainan anak jg perlu diperhatikan.. spy bermanfaat jd alat edukasi jg.. siiip ;)

alkatro mengatakan...

mangstap pisan euy artikelnya.. kayaknya ini acara review jg ya kang?.. sukses dah.. maju teruuss :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Kita harus menggunakan mainan yang bersifat edukatif, karena hal itu akan mempengaruhi perkembangan jiwa dan mental sang anak...

mantap banget sobat.
Salam taksim.

Arfi mengatakan...

mantap gan artikelnya.. memang mainan sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak..asalkan mainan itu bermanfaat,ya gak apapa.. tapi kalo mainan itu cuma membawa dampak buruk,, wah jauhkan aja,,OOT

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Tumben aq buka blogmu berat banget kawan........tapi tambah keren tulisanya......bentar yah...aq nyimak dulu.....

Local Download mengatakan...

bannernya sudah di pasang mas insanitis^^
oia soal software pdf converternya blm menemukan yang bagus, jadi tunggu aja ya ..

dan mohon maaf bila baru berkunjunjung karena sedang sibuk dengan urusan sekolah^^ sukses terus y..

salam blogger:)

SeNjA mengatakan...

mas insan ada tugas dari aku,...dilihat ya...^^ mksh

Local Download mengatakan...

software request anda sudah saya posting sob^^
Nitro Pdf Professional :D

salam blogger^^

tikno mengatakan...

Tulisan yang bagus bagi para orang tua

Pohonku Sepi Sendiri mengatakan...

di tempatku ada award buatmu sob.. mohon sekiranya bersedia 'tuk menerima.. :)

@cicin mengatakan...

Nice info.....Nuhun

munir ardi mengatakan...

artikel yang bagus mas insan, apa kabar mas lama nggak update

rumah blogger mengatakan...

pokoknya kalau anak minta langsung aja dibelikan, asal jgn yg mahal aja, hehee

rumah blogger mengatakan...

kelupaan, BANNER mas sudah saya tancapkan, tancap juga ya...

sabirinnet mengatakan...

sama tuh, Link Banner sudah saya pasang, backlink juga mas ya, pokoknya thanx berat deh, hehehe

abangjo mengatakan...

boleh dicoba,,,saran anda,,memeng pada masanya anak tahap bersenang-senang...salah satunya dengan mainan yang ia sukai...

AD1N mengatakan...

Betul banget sob... yang penting maenan itu aman, murah, awet dan anak bisa belajar dari mainan itu.

bisot mengatakan...

safety first kalo soal mainan anak :)

Posting Komentar