Maaf. Saya Kerja!

Anggap saja posting ini sebagai permohonan maaf saya kepada semua sahabat di alam virtual (Terutama sobat-sobat Black Community yang sama-sama mengkikuti kontes blog Djarum Black, Djarum Black Competiton Vol II. Sekarang jangan nagih-nagih lagi update ya! Nih saya kasih, hehehe ). Alam virtual...Sebuah alam yang bagi saya menarik. Menarik karena ia berada antara konsep ada dan ketiadaan. Ada unsur ketiadaan karena ia tak bisa dijamah secara kasar, diperlakukan sebagaimana materi yang benar-benar ada. Namun justru di sana pulalah berjuta manusia mampu eksis. Sebuah dunia yang tak menampakkan wujud, hanya berisi ide-ide. Maka relevanlah sebuah pertanyaan mistis: "Mana yang lebih utama: akal atau tubuh?; raga dibanding ruh?"

Baiklah para sobat maya :-)...Bukan tanpa alasan saya lama tak kunjung dan bersua dengan para sahabat. Jauhkan pula syak wasangka di hati para sahabat semua yang kurindu. Bukan sombong, bukan pula dada bolong. Tapi kemarin-kemarin ini saya sangat sibuk dengan pekerjaan saya. Oh ya, selain menjadi blogger, saya pun memiliki profesi lain yang bagi saya tak kalah menarik dan menantang! Yaitu menjadi pendamping Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Program Keluarga Harapan (PKH) Departemen Sosial. Dan pada tanggal 9-10 Desember, Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kabupaten Sumedang
melakukan pencairan bantuan tahap III tahun 2009 terhadap hampir 2000 RTSM (angka ini hanyalah jumlah Kecamatan dampingan saya) . Praktis, sayapun sibuk sekali dibuatnya. Bukan hanya capek fisik, pikiran dan mentalpun terkuras energinya.

Program Keluarga Harapan (PKH) sendiri merupakan suatu program penanggulangan kemiskinan. PKH dibentuk pemerintah sebagai salah satu program untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals atau MDGs). Setidaknya terdapat 5 komponen MDGs yang secara tidak langsung akan terbantu oleh PKH, yaitu pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita, dan pengurangan kematian ibu melahirkan.  

Bekerja sebagai pendamping PKH berbarengan dengan menjadi blogger membuat saya mengalami dua dunia sekaligus, yang mana kedua dunia ini benar-benar berpunggungan, seperti kemiskinan dan kekayaan, kemampuan dan keterbatasan. Atau bisa jadi saling menggenapi, layaknya ruh dan raga, ide dan laku.  Tergantung pada kita melihat dan menyikapinya.

Dunia "pendampingan" adalah dunia bumi. Segala yang dihadapi adalah realita. Kita terlibat langsung tidak hanya secara emosional namun juga secara ragawi. Bertemu, berbincang, berkonflik, sampai berrembug, semua dilakukan dengan sepenuh raga dan rasa. Manusia bertemu manusia. Adapun simbol-simbol seperti dalam komunikasi, itu hanyalah sarana untuk melengkapi, sifatnya hanya fungsional.      

Bila dunia pendampingan menghadapi hal kenyataan, sementara dunia blogger menyajikan hal yang "seharusnya". Mulai dari penunjukan profil, materi saji, sampai tubuh, bisa dicipta sedemikian rupa seperti yang di-ideal-kan. Para anggotapun terlibat hanya secara emosional. Sedangkan simbol bukan hanya saja sebagai pelengkap atau alat, namun ia telah menjadi substansi. Atau semacam pengejawantahan diri. Seperti keberadaan diri yang diwakili oleh avatar, bahkan dalam posting blog atau status facebook/twitter.

Dari segmen partner komunikasipun jelas berjauhan, walau hanya secara sosial. Bila para RTSM adalah mereka yang memiliki banyak keterbatasan, sedangkan para sahabat virtual rata-rata mempunyai berbagai kemampuan. Sahabat blogger kaya akan akses, sementara  RTSM miskin akses. Para blogger ialah para pemanfaat fasilitas, sedangkan RTSM buta atau terputus dari fasilitas. Para blogger membincang bisnis online dan menawarkan kemudahan akan sumber uang, sementara para RTSM merumpi anggota lain dan bersumpah tak pernah bermimpi menjadi kaya dan menguliahkan anak. Para blogger menawarkan apa yang seharusnya eosk hari. Dan RTSM mengadu bagaimana ia menjalani hari ini.

Jujur, sayapun terkadang gagap dalam memposisikan diri secara proporsional. Terutama dalam proses komunikasi. Dunia blogging membuat saya terbiasa dengan teks yang mereduksi intonasi dan gestur yang menjadi gaya komunikasi virtual (walaupun tidak satu-satunya). Sedangkan dalam masyarakat, terlebih di kalangan RTSM yang tertindas dan di hadapan para aparat desa bak Sultan, yang bahkan keceletot intonasipun dapat menimbulkan masalah runyam. Atau bayangkan, betapa kakunya ngobrol ngalor ngidul, kaya tema, dan penuh emosi,  ketika kita terbiasa berkomunikasi dengan teks singkat dan efektif. Kadang salting juga sih, hehe

Namun semua ini sangat memberi makna pada diriku. Masing-masing memberi khasanah yang kaya pada pribadi. Dengan bekerja menjadi pendamping PKH saya belajar untuk membumi hingga akhirnya berakar. Sedangkan dunia blogging memberi saya keberanian untuk menengadah, melihat gemintang, dan memberi saya sayap untuk dapat terbang membelah langit. Semuanya berkesan. Semuanya berarti. 

Jadi sekarang udah jelas kan ke-menghilang-an saya beberapa hari ini? Masih gak percaya juga??? Ya udah, aku ada kok alat buktinya. Tapi cuma sekadar foto, gak ada rekaman suara. Mana mungkin pendamping punya wewenang menyadap, hehe. Ini dia publikasinya: 


Suasana Antrian Para Penerima Bantuan (RTSM) 
Ketika RTSM menerima bantuan uang tunai. Ketika berpikir akan menggunakannya untuk memenuhi komitmen PKH atau membeli hand phone :-)


Ketika lelah menduduki diri. Berbaur dengan perasaan lega karena kegiatan Alhamdulillah berjalan lancar. Kalau didampingdi Djarum Black Slimz pasti mantap sekali :-)

Sahabat perjuangan di PKH (sekalian launching calon istri, hehe)


 



   

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 35 Tanggapan... read them below or add one }

Galeri mengatakan...

0ooo pantesan sepi, sibuk ya?!!

Jiox mengatakan...

tugas yang mulia banget akang.. lanjutkan.. :)
o.. iya blog mba ateh jg terkunci.. kenapa ya?

insanitis37 mengatakan...

@All: makasih...
@Jio: Oh ya??berarti sama dong. Sy bisa gak bisa masuk ke blognya umi ateh..

-Gek- mengatakan...

Mulia banget insan, lanjuttttt.....!!!!
Salute!

*thumbs up
*nyembah-nyembah.. (gek lebay.. :p)

Clara mengatakan...

bener banget!
kadang saya juga kebingungan menempatkan diri kalau harus berinteraksi langsung menggunakan emosi dan intonasi, hehehe, karena memang keseharian hanya diisi dengan rangkaian kata
tapi hal ini jujur, sangat buruk. karena bagaimana pun aktifitas di sosial memang sangat dibutuhkan.
akan lebih baik kalau keduanya bisa diseimbangkan

btw, semoga kegiatanntya lancar selalu

insanitis37 mengatakan...

@Gek: bukan mulia2 amat...tp cari gaji, hehehe

insanitis37 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
annie mengatakan...

Insya Allah barokah, kang.
wah sekaligus launching calon istri nih? Hebat, hebat ...

SeNjA mengatakan...

pekerjaannya menarik sekali mas,semoga bermanfaat ya bagi yg menerimanya.
semoga tetep posting karena tulisannya ditunggu byk teman bloger ^_^

insanitis37 mengatakan...

@Clara: hati2 aja clara, lama2 bisa asosial lo, hehe
@Ceu Anie: Amiin teh. eta nudipikaharep
@Senja: Allhamdulillah mba telah dipercaya Allah. Doanya aja.

ateh75 mengatakan...

Dimaklum atuh kang upami didunia maya teu katingali,pasti aya kasibukan dunia nyata yang lebih penting...leureus wae kan ,mueni mulia tugasna...semoga ketulusan dan keikhlasan Allah membalasnya dengan kebarokahan amin.

rumah blogger mengatakan...

wah selamat mas ya, kalo udah tidak sibuk lagi ditunggu blogging terbarunya, hehehee

sabirinnet mengatakan...

kalo udah biasa dengan kalimat teks memang susah juga, hehehe apalagi kalo terbawa-bawa dalam forum resmi wah bisa bahay donk. :)

minomino mengatakan...

hebat :)

Munir Ardi mengatakan...

Kita sama sobat dan memang hampir semuanya sibuk menjelang akhir tahun

lina@happy family mengatakan...

Sebelum komentar, kenapa saya kemarin ngga bisa akses ke sini ya...baru ngeklik enter langsung keluar problem loading page, syukurlah sekarang bisa.
Cara mendapatkan penghasilan yang mulia nih, terutama kalau Sobat, walau capek banget, tetap ikhlas menjalankannya...
Dunia nyata dan online: berbeda dan tidak bisa ditinggalkan keduanya
Senang juga mendapatkan pengalaman di dunia yang berbeda, ya kan?
Duh yang sudah launching calon istri; mudah2an terus bisa berlanjut ke pernikahan secepatnya, amin

yanuar catur rastafara mengatakan...

gpp kok mbak
namanya juga kerja, jadi harus fokus ke kerjaan dulu aja
hehehe
aku juga lagi sibug neh
sibuk ngeblog n walking2
hehehehe

rumah blogger mengatakan...

kalo menurut saya blog mas mantap aja tuh, poskan komentar juga sudah ada, menurut saya teman2 yg berkunjung biasanya kalo mau ninggalin komentar memnaca dulu postingan kita. mau tidak mau mereka harus klik judul postingan dulu, karena punya mas tidak ada read more nya (pemotong posting), sehingga blognya kelihatan sangat penuh sesak.

saran saya baiknya, mas pasang read more untuk mempermudan pengunjung melihat2 postingan yg terdahulu tidak harus scroll turun naik.

kalo masalah poskan komentar tidak ada masalah kok. sukses mas ya

-Gek- mengatakan...

Keta angin saya ambil dari bahasa daerah Minangkabau. Aslinya "Kereta Angin" yang berarti sepeda..

Kan udah di kasi clue dengan gambar.. hehehe.. Kayaknya masih teringat dengan neng senja, yeee..?

:p

Fanda mengatakan...

Bagiku dunia blog jg jauh beda dgn keseharian. Kalo di dunia bisnis (maksudnya aku kerja di seorang pebisnis) penuh dgn kemunafikan dan semuanya diukur dgn untung-rugi, maka aku menemukan kebebasan sepenuhnya untuk menjadi diri sendiri di dunia blogger.

Wah...meski sibuk masih sempat launching calon istri juga ya?

Newsoul mengatakan...

Pekerjaan menarik. Senang mendengarnya. He, launching calon istri, yang mana si calon...?

insanitis37 mengatakan...

@Lina: oh ya mba, itu lg error DNS. sy juga bete, setelah ganti domain kadang suka eror gitu.
@Yanuar: maaff, bukan mba tp seus...eh, mas maksud saya, hehe. Atau om. asal jangan pake senang aja, hehe
@Fanda & New Soul: Alhamdulillah, doakan saja ya. Itu tuh gambar yg ada tanda panahnya (pokonya yg paling cantik aja, hehe)

insanitis37 mengatakan...

@Lina: oh ya mba, itu lg error DNS. sy juga bete, setelah ganti domain kadang suka eror gitu.
@Yanuar: maaff, bukan mba tp seus...eh, mas maksud saya, hehe. Atau om. asal jangan pake senang aja, hehe
@Fanda & New Soul: Alhamdulillah, doakan saja ya. Itu tuh gambar yg ada tanda panahnya (pokonya yg paling cantik aja, hehe)

rumah blogger mengatakan...

kalo menurut saya ada dari postingan mas yng tidak konfitible dengan template mas, sebaiknya diedit lagi postingan mana yg ada memakai kode2 HTML. karena tidak semua template bisa menerima kode HTML secara sempurna.

setelah cara itu udah dan masih nggak bisa juga, saya sarankan mas coba ganti template modern yg memakai read more otomatis.


kalo gitu mas coba template dari rekan saya BlogGoBlog http://miscah.blogspot.com. silahkan pilih template disana, karena punyanya mas miscah udah template modern jadi read morenya udah otomatis.

kira2 itu dulu pencerahannya, semoga bermanfaat dan berhasil

diar mengatakan...

He heh...

Wah! Akang mah jadi seimbang dong. Memiliki dunia bumi pula dunia cita. He heh...

Mau nanya dong, terasa enakan mana, di antara main blog dengan bekerja seperti tertera di gambar itu?

Dijawab ya. he heh... itu pertanyaan psikologis alias psikotest. He heh...

ALRIS mengatakan...

Sibuk bagi-bagi duit ya, kang. :)
Salam kenal.

Aditya's Blogsphere mengatakan...

mmmmm boleh-boleh.....btw aq baru tahu nama asli njenengan di komen box kemaren.....thanks ya.......

Jiox mengatakan...

salam
200% ane s7 bgt dg pendapat mas rumah blogger, faktanya: 1 hr stlh akang insan tanya hal tsb di alkatro zone, blog mba ully di HK jg widgetnya selalu turun meski dah dilebarin wrapper+ dicopot widgetnya, stlh ane minta user+pasw, ternyata ada posting yg formatnya aneh, di dlmnya ada mal jv script; stlh ane hapus js tsb.. alhamdulillah normal kembali.. just sharing.. mt aktifas akang :)

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

tidak masalah sobat...pekerjaan adalah hal yang paling utama...apalagi jika menyangkut nafkah tuk keluarga..

alkatro mengatakan...

my nickname- Jiox alkatro.. halah :)
iya tinggal akang inget2 saja posting mana yg ada script jsnya.. kl dah ktmu tinggal dihapus script tsb.. kl cari manual tinggal
di liat di tiap posting sblmnya, buka lewat edit posting.. tekan F3/Search, tulis: script trus enter ,kalo gada ganti ke post yg lainnya,
kalo dah ktemu tinggal hapus script tsb.. dan saran mas rmh blogger ttg tmplate modern.. ane jg stuju ..he he
semangaat

Blog Blogger Gratis mengatakan...

Kami semua bisa maklum sobat, tapi tetap ingat kita semua kan? Sukses selalu Lahir maupun Virtual xixixi

Sumber Belajar mengatakan...

Hmmm sebuah pekerjaan yang rawan,
- Rawan penyelewengan, jika tidak cukup dedikasi dan kejujuran.
- Rawan godaan, jika ada orang2 dekat yang sedikit membutuhkan tetapi ada orang lain yang jauh lebih membutuhkan.
- Rawan kerusuhan, jika pengaturannya sembarangan.
- Rawan korban, jika budaya antri disepelekan.
- Rawan caci maki, jika ada yang tidak kebagian.
- Rawan penyakit, jika emosi akan prosedur tidak tersalurkan (untung u suka ngeblog, jadi bisa tersalurkan).
- Rawan tuntutan, jika kerja keras tidak diimbangi dengan benefit tertentu.
- dan rawan2 yang lain....

Tetapi saya harap anda berkutat di pekerjaan itu bukan hanya untuk mencari gaji seperti yang u bilang, tetapi karena u punya "rasa", punya dedikasi, punya semangat dan kepekaan sosial. Tetap semangat untuk melayani, karena terima kasih mereka yang terbantu adalah doa yang jujur serta tulus demi kemuliaan u nantinya. Serviam dei gloriam...melayani atas nama Tuhan.

Hmmmm calon istrinya dari sawah yang sama nih...???? Semoga panen yang akan kalian tuai bersama selalu melimpah dan mencukupi orang2 yang ada disekitar kalian... Doaku menyertaimu...

Sumber Belajar mengatakan...

Hmmm sebuah pekerjaan yang rawan,
- Rawan penyelewengan, jika tidak cukup dedikasi dan kejujuran.
- Rawan godaan, jika ada orang2 dekat yang sedikit membutuhkan tetapi ada orang lain yang jauh lebih membutuhkan.
- Rawan kerusuhan, jika pengaturannya sembarangan.
- Rawan korban, jika budaya antri disepelekan.
- Rawan caci maki, jika ada yang tidak kebagian.
- Rawan penyakit, jika emosi akan prosedur tidak tersalurkan (untung u suka ngeblog, jadi bisa tersalurkan).
- Rawan tuntutan, jika kerja keras tidak diimbangi dengan benefit tertentu.
- dan rawan2 yang lain....

Tetapi saya harap anda berkutat di pekerjaan itu bukan hanya untuk mencari gaji seperti yang u bilang, tetapi karena u punya "rasa", punya dedikasi, punya semangat dan kepekaan sosial. Tetap semangat untuk melayani, karena terima kasih mereka yang terbantu adalah doa yang jujur serta tulus demi kemuliaan u nantinya. Serviam dei gloriam...melayani atas nama Tuhan.

Hmmmm calon istrinya dari sawah yang sama nih...???? Semoga panen yang akan kalian tuai bersama selalu melimpah dan mencukupi orang2 yang ada disekitar kalian... Doaku menyertaimu...

insanitis37 mengatakan...

@Sumber belajar: yups, memang benar sekjali apa yg mas bilang. Program seperti ini juga mengandung potensi konflik yg tinggi. Terutama konflik horizontal Ammin, semoga sy tabah dan amanah dalam memangku amanah ini
Itu dapet dari sawah takdir mas, hehe. Ammin, trims banyak doa dan atensinya.

Rahad 2 Six mengatakan...

ternyata selain ngeblog juga ada kesibukan lain....
salut deh...

Posting Komentar